Tongkat Sakti [7]

Anda boleh bandingkan, mana yang lebih sakti : Tongkat Sun Go Kong si Kera Sakti, Tongkat Son Go Ku The Dragon Ball yang bisa menghubungkan Menara Karin dengan Kuil Dewa, Tongkat Mak Lampir; Nenek Sakti dari Gunung Merapi, Tongkat Badra Mandrawata Si Buta Dari Goa Hantu, Tongkat Dare Devil Si Buta dari New York, Tongkat Harry Potter, Tongkat Gandalf The White dalam LoTR, Atau Tongkat Panji Tengkorak. Atau terserah, tongkat manapun boleh Anda pilih, terserah jagoannya siapa. Juga terserah yang sakti tongkatnya atau orangnya. Lalu check yang mana yang paling sakti.

Ketahuilah, tak satupun tongkat di dunia ini, siapapun jagoan atau penjahat yang menggunakannya, bisa melebihi kesaktian Tongkat Nabi Musa A.S. Sebabnya yang pertama adalah karena Jagoan yang menggunakannya berstatus Nabi dan Rasul, ini level manusia sakti yang paling tinggi. Sebab kedua karena inilah satu-satunya tongkat yang paling banyak disebutkan dalam banyak ayat Al-Quran. Padahal sesuatu itu kalau disebutkan Al-Quran sekali saja, pasti ia istimewa, apalagi berkali-kali. Sebab ketiga adalah karena kesaktian tongkat ini “diisi” langsung oleh Maha Guru Semesta Alam, Allah SWT. Dzat Yang Maha Sakti.

Pada mulanya Tongkat Nabi Musa A.S adalah tongkat biasa, yang beliau gunakan untuk keperluan bertelekan, mengambil daun untuk kambing, mengusir binatang buas, dan lain-lain… Namun setelah beliau bertemu dengan Maha Gurunya di sebuah lembah bernama Thuwaa, tongkat itu berubah menjadi Tongkat paling sakti yang pernah ada di mayapada. Maha Guru Nabi Musa, yaitu Allah SWT, mengisi tongkat itu dengan kesaktian yang amat tinggi, bahkan kesaktian tertinggi di alam semesta, karena Nabi Musa akan berhadapan dengan musuh yang amat kuat, yaitu Fir’aun dan para ahli sihirnya. Kalau kesaktian Nabi Musa hanya ecek-ecek, bisa masalah besar ketika berhadapan dengan Fir’aun dan begundal-begundalnya yang rata-rata ahli sihir kenamaan saat itu… Sementara untuk Nabi Musa sendiri, Allah mengisi hatinyanya dengan dasar-dasar aqidah yang benar lagi kokoh. Kalau phisik sudah terlatih sejak kecil di istana Fir’aun.

Jadi pelajarannya, memiliki sebuah tongkat sakti akan tidak berguna atau akan amat berbahaya manakala pemegangnya tidak memiliki bekal aqidah dan keimanan yang kokoh. Kalau disalahgunakan malah akan mengancam kehidupan dan kelestarian bumi. Contoh tongkat sakti yang berisi tinta di tangan menteri kehutanan… kalau menteri itu gak kuat iman dan gak kokoh aqidahnya, dia bisa tandatangani SK yang berbahaya buat ekosistem hutan…

Kembali ke Nabi Musa.. jadi ceritanya, saat Nabi Musa hidup itu, ilmu sihir hitam atawa Blek Mejik adalah lumrah dipelajari dan diamalkan, meski orang-orang tertentu saja yang bisa menjadi ahli. Orang-orang yang expert di bidang ini mendapat penghargaan tinggi dan bisa jadi partner atawa penasihat penguasa. Tingkat tertingginya adalah jika sudah bisa membuat tongkat atau tali menjadi ular yang bisa hidup merayap cepat atau menari-nari…

Nah, waktu Nabi Musa dituduh sebagai ahli sihir oleh Fir’aun dan dipertandingkan dengan ahli-ahli sihir Fir’aun.. maka ahli-ahli sihir Fir’aun merapal ajian sihir tertinggi mereka… yang saat itu tak ada tandingnya yang lebih tinggi… mereka lalu melemparkan tali-tali dan tongkat-tongkat dan…syiuuutt… tongkat-tongkat dan tali-tali mereka berubah jadi ular-ular amat banyak merayap menggelosor menyerbu mengarah Nabi Musa A.S. Mulanya Nabi Musa keder juga… beringsut hampir lari.. tapi lalu beliau mendengar suara Maha Guru ; “lempar tongkatmu…!”. Nabi Musa lemparkan tongkatnya, lalu seketika berubah menjadi ular amat besar… yang menelan semua ular-ular hasil sihir para tukang sihir Fir’aun… plesss.. semua ular sihir itu habis dimakan ular penjelmaan tongkat Nabi Musa..  Seketika.. para ahli sihir Fir’aun sadar… ini jelas bukan sihir.. Ular yang berasal dari tongkat Nabi Musa itu aseli.. pasti aseli… karena mereka tahu persis ular sihir tidak bisa makan ular sihir lain.. pastilah Musa benar-benar seorang Rasul dari Tuhan semesta alam. Maka mereka pun bersujud dan menyatakan keimanannya pada Allah, Tuhan Nabi Musa dan harun alaiihimassalaam.

Di kesempatan lain, kesaktian tongkat ini terbukti ketika Nabi Musa dan Bani Israil dikejar Fir’aun dan tersudut di tepi laut merah.. lalu Maha Guru perintahkan Nabi Musa A.S. untuk memukul laut merah dengan tongkat itu… PYAARR…! maka lautpun terbelah dua… memunculkan jalan untuk 12 suku Bani Israil, yang kemudian menyeberangi laut dengan selamat, sementara Firaun dan tentaranya tenggelam ketika mencoba menyusuri jalan yang sama di dasar laut itu…

Menilik kesaktiannya, saya menduga tongkat itu terbuat dari bahan metal yang bukan berasal dari bumi dan bisa tahan sampai penghujung zaman. Bagi yang ingin tahu cerita lengkapnya dalam Al-Qur’an, silahkan baca sendiri antara lain di Surat Al-A’raaf, Al-Israa, Thaa Haa, An-Naml, Asy-Syu’araa dan Al-Qashash.

Itulah Tongkat Sakti, senjata pamungkas Nabi Musa A.S. Seorang Nabi yang phisiknya amat kuat, yang bisa menewaskan orang dengan sekali pukulan tangan, yang kesabarannya sangat tinggi dan keimanannya amat kuat. Belum saya temukan riwayat selanjutnya dari tongkat ini sepeninggal Nabi Musa.. Mungkin saja tongkat ini adalah salah satu benda dalam Tabut peninggalan Nabi Musa yang dimiliki raja Thalut, dan bisa jadi setelah beberapa lama tongkat ini jatuh ke tangan Nabi Dawud lalu diwariskan pada Nabi Sulaeman, lalu diamankan Nabi Khidr, dan terakhir dipegang Sayyidina Ali bin Abi Thalib.. Nantinya mungkin akan muncul kembali dan menjadi salah satu senjata utama Imam Mahdi dalam Perang Akhir Zaman, dan keberadaannya kini masih tidak jelas diselubungi mistery. Namun itu hanya dugaan yang tidak ada riwayatnya.

One Response to “Tongkat Sakti [7]”

  1. defi Says:

    tongkat sakti mempunyai kelebihan masing-masing,kekuatan,kehebatan orang yang memilikinya.jadi kalau mau dibandingkan siapa yang lebih hebat tongkatnya itu sulit.karena ya itu tadi,punya kelebihan masing-masing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: