Terompah Nabi Idris [2]

By : Ahmad Sopiani

Nabi Idris A.S. dikenal amat shaleh, sabar dan paling shiddiq/membenarkan. Bisa dirujuk Al-Qur’an antaranya Surat Maryam : 56-57 dan Al-Anbiyaa : 85-86. Beliau suatu saat diundang Allah untuk melihat-lihat surga, namun dengan syarat harus mati terlebih dahulu. Nabi Idris setuju. Maka setelah dimatikan, Nabi Idrispun diizinkan Allah untuk masuk melihat-lihat surga tetapi hanya sementara, setelah itu harus keluar. Boleh tinggal di surga selamanya nanti, yaitu setelah masuk surga untuk kedua kalinya. Setelah dirasa cukup, maka Nabi Idris pun dipersilahkan untuk keluar dari surga. Setelah berada di luar surga, Nabi Idris berseru : “Ya Allah, aku lupa, terompahku tertinggal di dalam surga, izinkan aku masuk kembali untuk mengambilnya”. Allah pun mengizinkan, maka masuklah kembali Nabi Idris ke dalam surga untuk mengambil terompahnya yang tertinggal di dalam surga.

Tunggu punya tunggu, Nabi Idris tidak keluar juga, maka malaikat yang tadi mengantar keluar, masuk kembali untuk mencari beliau. Ternyata Nabi Idris sedang bersenang-senang di dalam surga. Malaikat mengajaknya keluar, tetapi Nabi Idris tidak mau. Maka malaikat melapor pada Allah.. Kata Allah : “Ya Idris, mengapa engkau tidak mau keluar?” Nabi Idris menjawab : “Ya Allah, bukankah Engkau telah mengatakan bahwa aku boleh tinggal di surga selamanya jika telah masuk surga untuk kedua kalinya? Bukankah aku masuk surga kali kedua ketika aku mengambil terompahku yang tertinggal ?. Allah tertawa dan memuji Nabi Idris A.S.

Terompah Nabi Idris ini tentu saja tidak dapat kita temukan sekarang ini di bumi, karena telah berada di surga sejak saat itu. Jadi tidak bisa kita miliki. Yang bisa kita lakukan, kalau penasaran ingin melihat macam mana terompah Nabi Idris itu, ayo kita berusaha mendapat rahmat dan maghfirah Allah, sehingga kita dimasukkan ke dalam surga-Nya dan diberi kesempatan untuk melihat seperti apa terompah Nabi Idris a.s. tersebut.

Yang dapat saya pahami, sebuah terompah tetaplah terompah.. entah itu sepatu atau sendal, tidak akan memasukkan pemiliknya ke dalam surga. Yang dapat memasukkan seseorang ke dalam surga adalah rahmat Allah SWT. Namun jangan salah… terompah juga bisa menjadi indikasi, juga dapat menjadi sebab ridho ilahi.. misal menjadi indikasi, seperti Aa Gym bilang… Terompah itu tempatkan di kaki jangan di hati. Kalau ditempatkan di hati, terompah bagus membuat tinggi hati, lihat terompah orang lain lebih bagus jadi iri hati dan jika terompah bagusnya hilang jadi sakit hati lalu maki-maki setengah mati…

Kalau terompah jadi sebab ridho ilahi adalah kisah seorang wanita jalang yang memberi minum seekor anjing yang hampir mati kehausan dengan cara turun sumur, lalu mengisi terompahnya dengan air, lalu menggigitnya, lalu naik, lalu memberi minum anjing itu dengan air di terompah tersebut… terompah wanita ini juga menjadi buruan kolektor, tetapi nilainya di bawah terompah Nabi Idris A.S.😉

Wallahu a’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: