Kemang ~ Martabak Telor

Kemang itu bisa saja nama tempat di Jakarta, dimana ada kafe-kafe yang terkenal atau amoy-amoy yang aduhai… Tapi bukan itu. Kemang yang aku maksud adalah nama buah yang bentuknya bulat agak memanjang, besarnya kira-kira sebesar kepalan tangan. Tanganku tentu saja, bukan tangan Mike Tyson atau tangan Ucok Baba. Warnanya coklat muda bertotol-totol, daging buahnya putih agak kuning. rasanya assemmmm… Memakannya lebih enak jika di rujak petis sambel gula jawa atau di cocol garam.

Buah itu, buah Kemang itu, yang rasanya asem itu, yang daunnya biasa untuk lalapan urang sunda itu, yang nilai gizinya juga gak jelas itu, adalah salah satu buah favorit istriku untuk “ngarujak”. Ketika di Bogor dulu, seringkali ia beli di Pasar Leuwiliang, dan menikmatinya dengan penuh perasaan. Tapi setelah pindah ke Cibitung, Bekasi, akses ke buah Kemang menjadi sulit. So, Kemang, jadilah kau seringkali terlupakan. Kalah saing oleh bahan rujak yang lain karena ketiadaanmu.

Berbeda dengan Kemang, Martabak Telor dapat kita jumpai hampir dimanapun di Jabodetabek. Yang sulit dijumpai adalah anggaran belanja untuk Martabak telor itu…🙂 soalnya Martabak telor yang mencapai kesempurnaan paling tidak harus merogoh kocek agak ke bagian tengah, dan itu bersinggungan langsung dengan mata anggaran rumah tangga yang lain. Jadi, walaupun lumayan sangat suka dengan Martabak Telor, istriku harus cukup bersabar untuk tidak sering-sering bersua dengannya. Lagipula, makanan favorit akan lebih jauh terasa enaknya kalau ketemunya jarang-jarang saja… (hehehe.. pembelaan ketidakmampuan yang lumayan jitu…)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: